COKELAT: NIKMAT & BERMANFAAT

Cokelat merupakan makanan yang digemari segala usia mulai dari anak-anak sampai orang tua. Tidak hanya dalam bentuk cokelat batangan, cokelat juga banyak diaplikasikan dalam beragam makanan mulai dari cake, biskuit, permen, ice cream, minuman dll. Selain rasanya yang enak, cokelat juga sering diasosiasikan dengan produk bernilai tinggi/mahal sehingga sering dijadikan sebagai hadiah.

Cokelat dihasilkan melalui serangkaian proses dari biji kakao. Biji kakao ini berasal dari tanaman kakao, Theobroma cacao, yang tumbuh hanya di daerah tropis. Pantai Gading di Afrika Barat dikenal sebagai penghasil biji kakao terbesar di dunia. Dalam bahasa Yunani, theobroma berarti makanan para dewa. Dalam kebudayaan Meso Amerika, biji kakao bernilai sangat tinggi sehingga dijadikan sebagai mata uang.

Asal Muasal Istilah Cokelat
Istilah ‘cokelat’ itu sendiri berasal dari xocolatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Pada awalnya, cokelat dikonsumsi sebagai minuman yang dibuat berbuih, kadang-kadang ditaburi lada merah, vanilla, madu atau rempah-rempah lain. Rasanya pahit, sepat dan berlemak. Konsumsi cokelat masa itu dianggap sebagai simbol status penting dan juga kemakmuran. Cokelat dalam bentuk padat pertama kali ditemukan pada abad ke-18 di Eropa. Penggunaan rempah-rempah dihilangkan dan mulai ditambahkan gula, susu dll.

Antioksidan dalam Cokelat
Pengolahan biji kakao menghasilkan cocoa liquor (cocoa mass), cocoa butter dan cocoa powder. Biji kakao dan turunannya ini merupakan sumber antioksidan polifenol – senyawa yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung dengan cara mencegah oksidasi Low Density Lipoproteins (LDL) atau yang sering disebut lemak jahat, sehingga dapat mencegah sumbatan pada dinding-dinding pembuluh darah arteri. Kandungan antioksidan bervariasi pada setiap cokelat, tergantung pada berbagai faktor di antaranya kandungan cocoa dan proses pengolahan. Secara umum, cocoa powder dan dark chocolate mengandung antioksidan dalam jumlah yang lebih tinggi daripada milk chocolate. Berikut kandungan antioksidan polifenol dalam beberapa produk:

  • Milk chocolate (50g) – 100 mg polifenol
  • Dark chocolate (50g) – 300 mg polifenol
  • Red wine (140mL) – 170 mg polifenol
  • Tea (240mL) – 400 mg polifenol
  • Cocoa powder (16g) – 200 mg polifenol

Beberapa Mitos dan Fakta Seputar Cokelat
Fungsi dan pengaruh komponen-komponen aktif yang terkandung dalam cokelat menjadi bahan penelitian yang menarik dari tahun ke tahun dan sampai saat ini penelitian tentang cokelat terus berlangsung.
Beberapa mitos yang sudah dapat dibuktikan tidak benar adalah:

  1. Cokelat dapat menyebabkan timbulnya jerawat
    Para ahli yakin bahwa timbulnya jerawat lebih dipengaruhi oleh stres dan hormon yang menyebabkan kondisi kulit mengalami berlebihnya aktivitas jaringan minyak.
  2. Cokelat menyebabkan kecanduan
    Tidak ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa cokelat termasuk dalam jenis bahan adiktif. Orang yang sangat menggemari cokelat kemungkinan disebabkan oleh sifat sensori cokelat yang khas: tekstur yang mudah mencair di dalam mulut dan rasa/aroma yang enak. Cokelat mengandung lebih dari 300 jenis flavor yang berbeda, tanpa ada jenis yang paling dominan. Kegemaran akan cokelat kemungkinan juga disebabkan karena cokelat menstimulasi pelepasan endorphins – senyawa dalam otak yang dapat mengurangi rasa sakit dan membangkitkan perasaan euforia (perasaan gembira/bahagia).
  3. Cokelat merupakan penyebab sakit kepala (migren)
    Penelitian yang dilakukan di Pittsburgh State University terhadap 63 wanita menunjukkan bahwa cokelat bukan merupakan pemicu terjadinya sakit kepala. Timbulnya migren lebih dihubungkan dengan keadaan hormon dalam tubuh.
  4. Cokelat menyebabkan obesitas
    Para ahli gizi berpendapat bahwa tidak ada sesuatu makanan pun yang dapat menyebabkan kegemukan. Berat badan seseorang bertambah ketika kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih besar daripada kalori yang dibuang/dikeluarkan melalui aktifitas fisik. Penelitian yang dilakukan pada asupan diet rata-rata di Amerika menunjukkan bahwa cokelat hanya berkontribusi 0,7 – 1,0% dari total kalori. Oleh karena itu, tetap dianjurkan untuk mengontrol jumlah asupan kalori dan yang terbuang.

Fakta lain adalah cokelat hanya mengandung sejumlah kecil kafein. Jumlah ini jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan kandungan kafein di dalam kopi dan teh. Suatu senyawa yang mirip dengan kafein ditemukan dalam cokelat yaitu Theobromine. Theobromine juga berfungsi sebagai stimulan, seperti halnya kafein tetapi pengaruh dan sifat yang diberikan berbeda. Theobromine hanya ditemukan dalam biji kakao dan produk-produk turunannya.

Berikut tabel perbedaan Theobromine dan Kafein:

Theobromine Kafein
Efek lemah Efek kuat
Reaksi Lambat Reaksi cepat
Meningkatkan perasaan segar Meningkatkan kewaspadaan
Menstimulasi perasaan tenang dan santai Menstimulasi perasaan nerveous
Berpengaruh lemah pada sistem saraf pusat Berpengaruh kuat pada sistem saraf pusat
Stimulan lemah bagi produksi urin Stimulan kuat bagi produksi urin
Stimulan bagi kerja ginjal

Beberapa manfaat cokelat dalam dunia pengobatan masih menjadi bahan penelitian di dunia saat ini. Di antaranya adalah:

  1. Mengobati batuk
    Theobromine dalam cokelat disinyalir berfungsi menyembuhkan batuk secara lebih baik dibandingkan obat batuk.
  2. Mengurangi resiko stroke
    Penelitian dari Universitas California mengungkapkan bahwa cokelat memiliki pengaruh yang sama dengan aspirin sebagai anti pembekuan darah. Cokelat membantu mencegah pembekuan darah, sehingga mengurangi resiko terjadinya stroke.
  3. Mencegah tekanan darah tinggi
    Senyawa flavanol (antioksidan) dalam cokelat diindikasikan dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Setelah mengetahui bahwa konsumsi cokelat memiliki banyak manfaat, maka seharusnya kita tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini. Tapi, perlu diingat kembali bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan berakibat tidak baik bagi tubuh.

Pustaka:

  1. The Science of Chocolate
  2. www.xocoatl.org : science
  3. www.hersheys.com : general nutrition information
  4. www.cadbury.com.au : I love chocolate
  5. www.chocolateusa.org
  6. www.promosikesehatan.com : Artikel Coklat

3 Responses to “COKELAT: NIKMAT & BERMANFAAT”


  1. 1 Aminuddin Juli 1, 2010 pukul 7:39 am

    Kalau nggak pake kulkas berapa untuk paket 1kg ? Kok nggak ada contoh gambar produk ? Yang 3.500 sebesar apa isinya apa saja ? Soalnya Rumah saya di perkampungan kelas bawah , bukan komplek . Terima kasih

  2. 2 tika November 12, 2010 pukul 4:00 am

    buah yang di pakai untuk bikin sate buah apa saja ya?
    dan dikemasnya bagaimana jika ada yg beli

  3. 3 Novi Valensia Januari 18, 2012 pukul 1:55 am

    ada outlet yang di Surabaya ga??
    info dunx..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Kontak langsung kami

021 98621531 atau
081519220879 atau
081213957819

email : restomesin@gmail.com

Alamat ONLINE :

Villa Tangerang Indah Blok AC no 28
Tangerang
Banten

WORKSHOP :
JL PLUMPANG RAYA
SEMPER JAKARTA UTARA

Salam,
Sambil mengucap syukur Alhamdulillah, saya pemilik jaringan outlet chocolate fountain, Chocolate fountain, juga ingin menyampaikan terima kasih atas respons yang sangat luar biasa, serta atas banyaknya keinginan besar untuk menjadi mitra – baik yang sudah berjalan maupun, akan berjalan.

Sejauh ini kami (saya dan tim managemen) banyak mendapat pertanyaan mendasar, yang memang tidak atau belum terjawab bila hanya membaca blog kami.
Maka beserta e-mail ini, ijinkan kami berbagi beberapa hal mendasar soal chocolate fountain

Mengapa harganya “franchise”nya kok murah, apakah ini serius...

Ini adalah Pertanyaan pertama yang selalu dilontarkan para calon mitra. Tapi saya tegaskan, saya tidak mengadopsi apapun dari pola franchise dan tak juga menawarkan franchise. Yang saya tawarkan adalah pengembangan bisnis dengan pola kemitraan (partnership).

Bayangkan untuk bisa menjual produk coklat hanya dengan Rp 1.750.000 (untuk beli putus) atau Rp.5.000.000.

Ya, itu benar adanya...dan serius sekali, karena kami tidak mengambil untung yang luar biasa besar dari berjualan konter dan alat-alat yang kami tawarkan adalah produk plus pengalaman yang kami miliki.

Saya, sebelum mengembangkan bisnis ini memiliki pengalaman 7 tahun dalam pengembangan jaringan pemasaran mesin-mesin restoran, itu sekarang saya terapkan untuk mengembangkan bisnis ini. Saya ingin, pengalaman ini saya bisa tularkan sebanyak-banyaknya kepada orang2 yang ingin sukses, ingin mandiri dan ingin mulia

Jadi selisih antara harga konter lengkap dengan uang 5 juta adalah harga beli jasa konsultan bisnis jaringan makanan dan minuman.

Lalu apakah chocolate fountain mendapat keuntungan hanya dari menjual bahan baku dan peralatan konter lengkap?

Ya, tentu saja kami mendapatkan laba dari situ. Bohong rasanya kalau orang berwirausaha tidak cari untung. Tapi, yang kami kejar bukan untung besar yang sekejap saja...tapi itu tadi, keuntungan “jangka panjang” yang kami kejar.

Tidak ada ikatan lain selain pembelian bahan baku dari kami. Ikatan bagi kami adalah, ikatan dukungan agar mitra menjadi sukses dan berhasil. Itu saja.

Kami percaya slogan lama bahwa “Kita bisa sukses, bila kita bisa mendukung orang lain jadi sukses”.

Apakah prosesnya sulit?
Tidak sama sekali. Anda bisa kontak kami sewaktu-waktu untuk membuat perjanjian presentasi atau gelar produk. Bila sudah sreg, kami akan kirim perjanjian kerjasama, transfer uang untuk pembelian konter lengkap, dan kami perlu waktu 3 hari kerja untuk menyiapkan segalanya.

Kontak kami :
E-mail : restomesin @gmail.com

Semoga penjelasan ini cukup jelas dan dapat menjawab beberapa pertanyaan yang timbul.
Terima kasih,

Salam Sukses
Samudra Wibowo
081519220879

Desember 2016
S S R K J S M
« Mei    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 132,911 hits
Email : dchocolato.fountain@gmail.com

%d blogger menyukai ini: